Camping di Pulau Semak Daun

May 7, 2015


Pulau Semak Daun terletak di Kepulauan Seribu yang masuk ke dalam Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.
Sesuai dengan namanya Pulau ini hanya berupa semak-semak dan pepohonan, namun Pulau ini memiliki pantai yang landai dan berpasir halus.

Welcome to Semak Daun

Selain pantai yang indah, letak pulau ini juga tidak jauh dari spot-spot snorkling atau bahkan diving. Bagi pecinta kehidupan bawah laut, mungkin pulau ini layak atau harus dikunjungi untuk menikmati keindahan kehidupan bawah laut ataupun melepas penat setelah bekerja.
Namun jangan harap menemukan penginapan dan fasilitas yang memadai di pulau ini, camping merupakan satu-satunya cara bagi yang ingin bermalam disini, karena hanya ada 1 keluarga yang tinggal di pulau ini dan membuka warung disana. Saat ini sudah ada sumur dan MCK di pulau tersebut, walaupun air sumur tersebut agak sedikit payau. Jadi sangat disarankan untuk membawa persediaan air tawar untuk kebutuhan minum ataupun memasak.

Untuk mengunjungi Semak Daun anda dapat menggunakkan kapal kayu besar dari Muara Angke dengan tujuan Pulau Pramuka dengan tarif Rp. 35.000,- atau bagi anda yang memiliki saku tebal dapat menyewa kapal cepat dari pelabuhan Marina Ancol.
Perjalanan dari Muara Angke mengunakan kapal besar ditempuh kurang lebih 3 Jam hingga tiba di Pulau Pramuka.
Setibanya di Pulau Pramuka anda dapat langsung menuju semak Daun dengan menyewa perahu nelayan kecil untuk menuju Semak Daun di Pelabuhan yang lebih kecil yang berada di sebelah kanan Pelabuhan Pramuka, orang disana biasa menyebutnya dengan pelabuhan kabupaten dengan biaya sekitar Rp. 300.000,- per-perahu yang berkapasitas 10 hingga 15 orang. Bagi anda yang ingin snorkling sebelum menuju Semak Daun dapat juga menyewa alat snorkling di Pulau Pramuka ini dengan biaya Rp. 35.000,-

Perahu menuju Semak Daun
Perjalan menuju spot snorkling
Snorkling di Pulau Air

Setibanya di Pulau Semak Daun, anda dapat berkeliling pulau tersebut untuk mencari spot mendirikan tenda dengan view yang indah. Namun jangan memilih tempat yang terlalu dekat dengan bibir pantai, karena pada malam hari air akan pasang.

Camping spot

Ketenangan dan keindahan alam, ya, itulah yang akan anda dapatkan selama berada disana, tidak ada hiruk pikuk perkotaan, desing mesin kendaraan bermotor serta asap pekat bus kota.
Dari sisi belakang Pulau anda dapat menyaksikan keindahan Sunset di sore hari dan sisi satunya untuk menikmati keindahan Sunrise, sayangnya ketika kami disana hujan mengguyur sejak tengah malam hingga pagi hari sehingga kami belum dapat melihat keindahan matahari terbit disana.





Sebelum kembali ke Muara Angke dari Pulau Pramuka, tidak ada salahnya jika anda berkeliling Pulau Pramuka dan melihat penangkaran penyu sisik dan pengembangan mangrove yang terletak disebelah timur pulau.
Dengan pengawasan serta bimbingan dari penjaga penangkaran tersebut, kita diizinkan untuk mengangkat dan berfoto dengan penyu tersebut

Penyu Sisik
Mangrove

Marilah kita jaga dan lestarikan keindahan ini dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

"Jangan ambil apapun kecuali gambar, Jangan tinggalkan apapun kecuali Jejak, dan jangan bunuh apapun kecuali waktu".



3 comments

  1. Lokasi yang bagus untuk menghilangan penat di akhir pekan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal tenda gak banjir lagi aja, hahaha...

      Delete
    2. Hahahha...
      Besok2 bawa terpal ajah.

      Delete

Followers

 

Most Reading